Teknik dasar Bola Basket untuk Pemula

teknik dasar bola basket

Bagi kamu yang belum pernah bermain bola basket, mungkin akan menganggap permainan bola basket sulit, dengan membandingkan olahraga lainnya seperti sepak bola yang lebih familiar di Indonesia saat ini. Padahal jika dibandingkan keduanya memiliki kesamaan dan tentunya tak sesulit yang kamu bayangkan.
Untuk dapat bermain dengan baik tentunya kamu harus memahami teknik dasar bola basket seperti dribbling, passing, pivot, shooting dan rebound. Nah apa saja teknik dasar yang harus kamu kuasai sebelum bermain bola basket. Berikut penjelasan selengkapnya.

 

Dribbling (Menggiring)

Teknik dasar bola basket yang pertama adalah dribbling atau menggiring yaitu gerakan membawa bola dengan cara memantulkan bola ke lantai, bisa menggunakan tangan kanan maupun tangan kiri. Dribbling ini berguna untuk mempertahankan bola dan membangun serangan.

 

Passing (Mengumpan)

Teknik dasar bola basket yang kedua adalah passing atau mengumpan yaitu gerakan melempar bola yang ditujukan ke teman satu tim dengan cara mendorong bola menggunakan dua tangan. Passing pada permainan bola basket ada tiga jenis yaitu chest pass operan dengan bola setinggi dada, Bounce pass operan dengan bola memantul ke lantai dan overhead pass operan dengan bola melambung di atas kepala lawan. Passing ini berguna untuk mempertahankan bola dan membangun serangan.

 

Control (Menangkap)

Teknik dasar bola basket yang selanjutnya control atau menangkap yaitu gerakan menangkap bola yang datang ke arah kita dari passing teman satu tim, dengan cara memegang bola menggunakan kedua telapak tangan kita. Saat mengontrol bola, kita harus menyesuaikan arah bola, tingginya bisa berkisar dari lantai ke atas kepala sampai ke dada bola rebound. Kontrol ini berguna untuk menguasai bola saat melakukan serangan.

 

Pivot (Gerakan berporos)

Teknik dasar bola basket yang ke empat pivot atau gerakan berporos adalah gerakan mempertahankan dan melindungi bola saat ada lawan Menghadang. Dengan cara berputar sampai 360° sambil memegang bola dengan satu kaki berporos ke lantai. Pivot ini berguna untuk melindungi dan mempertahankan bola yang kita pegang

 

Shooting (Menembak)

Teknik dasar bola basket yang ke lima shooting atau menembak adalah gerakan melempar bola ke ring basket dengan cara mendorong bola menggunakan satu tangan yang ditujukan ke ring basket. Shooting ini ada banyak teknik namun secara umum ada empat jenis. Yang pertama lay-up yaitu tembakan yang diawali dari melangkah melayang kemudian baru meletakkan bola kering. Kedua set shoot yaitu tembakan langsung kering tanpa lompatan. Ketiga jump shoot yaitu tembakan yang diawali dengan lompatan ke atas sebelum melempar bola ke ring. Dan keempat slam dunk yaitu tembakan melompat langsung kering dengan bola tetap berada di tangan tanpa dilempar. Shooting ini berguna untuk mencetak skor atau point.

 

Rebound (Merebut)

Teknik dasar bola basket yang terakhir rebound atau merebut adalah gerakan merebut bola shooting yang gagal masuk ke ring basket dengan cara melompat ke arah bola kemudian meraihnya dengan tangan kita sebelum diraih oleh lawan. Pada saat merebut kita bisa menggunakan satu tangan atau dua tangan. Namun sangat disarankan untuk menggunakan dua tangan. Rebound ini berguna untuk mengamankan bola liar di sekitar ring basket.

 

Dengan teknik dasar bola basket yang baik akan mempermudah kamu untuk bermain dan tentunya menghindarkan kamu dari cidera serius. Karena disetiap olahraga pasti memiliki risiko cidera yang bisa dihindari dengan mempelajari teknik yang benar saat bermain bola basket.

teknik dasar bola basket
Previous Post

No more post

teknik dasar bola basket
Next Post

No more post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *