Mengenal Lebih Dalam Nissan Livina

Di bidang mobil keluarga, Nissan punya jagoan dengan kombinasi MPV ala mobil, yakni Nissan Livina. Nissan Motor dan mitra China-nya Dongfeng Nissan Passenger Vehicle Company pertama kali memperkenalkan Livina di Guangzhou International Auto Show pada 6 Juli 2006. Sementara untuk pasar Indonesia, Nissan Livina diluncurkan di Indonesia pada 2007 silam.

Awalnya, Livina punya dua tipe, versi 5 penumpang dan MPV extended 7 kursi yang diberi nama Grand Livina. Seri Livina lima tempat duduk ini menawarkan dua varian, yakni Livina XR dan Livina X-Gear. Untuk Livina X-Gear, setahun kemudian, tahun 2008, dengan tampilan cross-style. Hiasan Livina X-Gear antara lain spatbor, bumper sport, dan roof rail, sehingga terlihat seperti crossover.

Livina merupakan mobil keluarga dengan design yang elegan dan berbeda dengan merk lain. Mobil tersebut menawarkan kenyamanan yang lebih baik daripada mobil keluarga sejenis. Desain interior yang mewah didukung fitur-fitur nyaman seperti mobil, nilai efisiensi terbaik, dan fitur keselamatan mumpuni. Ketika Nissan Motor Indonesia memutuskan untuk memboyong Livina ke Indonesia, kondisi pasar saat itu menyaksikan kejenuhan mobil MPV. Nissan kemudian memperkenalkan model MPV baru dengan desain dan performa yang lebih baik.

Nissan Livina dan kompetitornya diluncurkan dengan harga bersaing. Padahal, Nissan Livina memiliki fungsi yang lebih lengkap dibanding kompetitornya. Livina diharapkan mampu menyaingi Xenia-Avanza, namun pada akhirnya reputasinya tertinggal jauh dari pasar dan tidak lagi berproduksi. Nissan hanya mengandalkan Grand Riviera untuk mengalahkan Xenia-Avanza selama lebih dari satu dekade.

Memasuki awal tahun 2011, Nissan Motor Indonesia telah melakukan pembaharuan model Nissan Grand Livina. Dressup Grand Livina menawarkan varian 1,5 S, 1,5 SV, 1,5 XV, dan 1,5 Ultimate. Tipe tertinggi yang ditawarkan adalah “Road Star” yang memiliki versi 1.5 dan 1.8. Sementara itu, produksi Grand Livina 1.8 XV dan 1.8 Ultimate sudah dihentikan. Dua belas tahun kemudian, Nissan Motor Indonesia (Nissan Motor Indonesia) baru saja merilis major facelift untuk keluarga Livina.

Kali ini, Livina menggantikan Grand Livina yang sudah tidak diproduksi lagi. Untuk memproduksi Nissan Livina baru, PT NMI dan Mitsubishi Xpander berbagi platform. Konsep MPV ala mobil telah disulap menjadi MPV jangkung ala SUV.

Segmentasi Pasar Nissan Livina

Nissan Indonesia melihat kejenuhan pasar MPV nasional dan oleh karena itu memutuskan untuk memperkenalkan model MPV baru dengan desain dan performa yang lebih baik. Tak hanya itu, di awal peluncuran Nissan Livina, harganya pun bersaing. Saat meluncurkan Nissan Livina baru, kami berusaha mempertahankan filosofi ini. Nissan Livina memiliki konsep MPV multifungsi, dengan target pemirsanya adalah keluarga muda dan aktif yang sedang mencari mobil baru. Nissan Livina bisa membawa banyak penumpang, tapi desain ini sangat menarik bagi kaum urban. Livina menyediakan kabin yang lapang dan nyaman, dan model VL level tertingginya memberikan nuansa berkualitas tinggi.

Karena berbagi platform dengan Xpander, mesin yang digunakan pun serupa. Mesin berkode 4A91 tersebut menghasilkan tenaga maksimum 102 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Sayangnya Nissan Livina ini lebih mahal dari Xpander, sehingga cukup sulit menjadi batu sandungan bagi Avanza Xenia. Nissan Livina memiliki lebih sedikit getaran saat berkendara di jalan yang tidak rata dan tidak rata serta memiliki efek penyerapan goncangan terbaik untuk kenyamanan berkendara. Untuk beradaptasi dengan jalanan pedesaan yang berbatu, ground clearance Livina adalah 205 mm, yang merupakan yang tertinggi di kelasnya.

Desain Eksterior Nissan Livina

Livina generasi ketiga ini berbagi platform dengan Mitsubishi Xpander, sehingga desain bodinya pun mirip. Meski demikian, Livina tetap memiliki logo desain Nissan yaitu gril Nissan V-Motion yang bertenaga dengan fitur lampu LED dual line dan daytime running lights (DRL) yang menjadi keunikan di segmen pasar ini. Sementara itu, untuk lampu belakang disematkan kombinasi lampu LED, dan kombinasi tersebut dinilai lebih modern serta memiliki pencahayaan terbaik. Selain itu, di bagian belakang juga menyediakan fungsi kamera dan sensor mundur, serta pelindung di bawah bemper, yang diharapkan mampu melewati jalanan berbatu.

Sayangnya, lampu utama pada New Nissan Livina masih menggunakan lampu halogen dan teknologi automatic light-off. Guna memberi penerangan saat cuaca berkabut, tersedia DRL alis di sisi kiri dan kanan cover depan. Kita tidak lagi melihat gaya mobil “real estate” yang hadir dengan Grand Livina. Livina terlihat sangat tampan, dengan spatbor lebar dan pilar C mengambang. Selain itu, ground clearance kini lebih tinggi di 205 mm, tertinggi di kelasnya. Tampilan bumper Livina ini semakin dinamis berkat sudut berbentuk panah di bagian samping lampu utama. Livina kini menggunakan velg 16 inci dengan pola dua warna di kakinya.

Interior Nissan Livina

Masuk ke dalam kabin Nissan Livina baru yang desainnya sangat mirip dengan Xpander. Namun, Livina menunjukkan tingkat klasisisme yang lebih tinggi pada jok kulit Livina VL. Tak hanya itu, Nissan Livina juga menyediakan banyak kompartemen yang bisa memberikan ruang penyimpanan tambahan untuk barang bawaan. Terdapat 17 kotak penyimpanan dan stopkontak, membuat Livina menyenangkan saat digunakan di luar kota.

Nissan merancang Livina sebagai mobil keluarga dengan teknologi modern. Di dalam kabin terdapat fungsi smart key dengan tombol start / stop engine, dan smart connection audio dengan layar sentuh berukuran 7 inci. Fungsi seperti sistem bantuan start pendakian yang cerdas dan lampu selamat datang di rumah membuat mengemudi lebih mudah. Kenyamanan kokpit telah menjadi nilai tambah yang diturunkan dari generasi ke generasi di Livina. Untuk produk generasi terbaru, kabinnya juga fleksibel dalam hal tata letak jok. Tak hanya itu, peredaman kabin juga semakin senyap, salah satunya didukung oleh kaca depan yang dilapisi film insulasi suara.

Pengemudi dirawat di dasbor di belakang setir. Livina dilengkapi dengan MID dengan indikator lingkungan. Livina dilengkapi dengan setir yang dapat dimiringkan dan ditarik pada bagian setir, yang dapat diatur sesuai postur tubuh; layar sentuh berukuran 7 inci dengan antarmuka Apple Car Play dan Android Auto mendukung fungsi hiburan.

Nissan juga membekali Livina dengan sistem kontrol traksi agar pengemudi tetap nyaman dan aman saat berakselerasi di tikungan. Fungsi ini mencegah ban tergelincir dan sulit dikendalikan. Fitur nyaman lainnya dari Livina adalah kamera tampak belakang dengan sensor parkir belakang, yang mudah digunakan saat Anda harus memarkir mobil ke belakang.

Sandaran tangan depan memberikan tambahan kenyamanan penumpang di kabin Livina. Sementara itu, baris kedua dan belakang berlantai datar. Livina menyediakan ruang penyimpanan tambahan untuk menyimpan barang-barang Anda dan keluarga berupa seat organizer di bawah jok tengah.

Soal kesan berkendara, Nissan sudah melupakan karakteristik handling setirnya yang ringan dan stabil. Pengoperasian saat memutar setir agak berat, jelas pengoperasian Mitsubishi Xpander sudah dicangkokkan ke Livina. Selain itu, pengaturan suspensinya juga berbeda dengan Xpander yang lebih empuk saat kita masuk ke dalam kabin Livina. Dibandingkan dengan mobil, Davina memiliki postur duduk tegak yang lebih tinggi.

Spesifikasi Mesin dan Performa Nissan Livina

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Nissan Livina dibekali mesin turunan yang digunakan oleh Xpander. Mesin berkode 4A91 adalah 1.449 cc DOHC yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 102 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Nissan menawarkan pilihan transmisi manual 5 kecepatan dan transmisi otomatis 4 kecepatan. Namun transmisi matiknya berjenis konvensional, bukan sistem CVT, sehingga harganya dinilai terlalu mahal.

Nyatanya, performa transmisi otomatis empat percepatan Livina VL ini bereaksi cepat di lintasan yang tidak ekstrim baik itu menanjak maupun menurun. Jika kita melewati tanjakan dengan sudut yang tidak terlalu landai atau sudut turunan yang panjang, pengemudi harus segera mengganti gearbox antara D, D-2 dan L. Ini dilakukan untuk mendapatkan torsi yang benar. Karena masih bertransmisi matik tradisional, akan lebih nendang saat mesin menelan pengereman di tanjakan atau turunan yang lebih panjang. Soal keluaran tenaga memang sangat cocok, namun perlu disesuaikan saat menyalip.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Nissan Livina

Nissan Livina dilengkapi dengan perangkat perlindungan keselamatan terbaik untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Mobil ini menyediakan kantung udara SRS ganda, kontrol dinamis kendaraan dan sistem kontrol traksi, sistem pengereman anti-lock, distribusi gaya rem elektronik, dan sistem bantuan rem dengan lampu hazard otomatis selama pengereman darurat. Saat melaju di jalanan yang datar dan menanjak, pengemudi semakin percaya diri saat mengendarai Livina baru karena didukung oleh Hill Start Assist. Saat pengemudi tidak menginjak pedal gas, fungsi ini bisa memiringkan mobil selama tiga detik.

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Livina

Tentunya jika berbicara tentang kelebihan dari Livina generasi kedua ini, Anda akan melihat bahwa peralihan desainnya lebih maskulin. Basis mobil Mitsubishi Xpander menjadikan Livina sebagai konsep desain MPV multifungsi. Dari desain hingga nuansa berkendara, Nissan menggunakan Xpander dalam banyak aspek. Fungsi travel pintar Nissan mempertahankan rasa nyaman di dalam kabin dan memberikan suasana baru, lebih modern, dan halus. Nissan Livina kini menawarkan teknologi tercanggih, fitur keselamatan, kenyamanan dan kemudahan, yang akan mengubah pengalaman berkendara. Soal kenyamanan, kabin Nissan Livina ini lumayan lah. Pasalnya, interior Livina yang didesain Nissan memiliki kabin yang bisa mengatur tempat duduk secara fleksibel. Setiap kabel memiliki soket listrik yang dapat mengisi daya telepon. Untuk ukuran MPV rendah, fungsi keamanannya juga sempurna.

Mesin 1.500cc sangat efisien, tapi tidak terlalu istimewa. Ini tidak masalah untuk menggunakan rute antarkota di medan yang relatif datar. Namun, tentunya untuk penggunaan di medan yang lebih sulit harus didukung transmisi yang responsif. Gearbox matik milik Nissan Livina kurang responsif saat kami harus pindah gigi saat harus tiba-tiba menghadapi tanjakan terjal.

Previous Post

No more post

Next Post

No more post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *